Thursday 11 February 2016

Pengakuan Imam Al-Ghozali Yang Begitu Menyentuh Hati.






            
Oleh : Abdur Rofik  

               Nama Al-Ghazali tidak asing lagi dikalangan intelektual Islam, Ia dikenal sebagai hujjah al-Islam (argumentator Islam). Telah banyak karyanya yang diaji baik di kalangan mahasiswa maupun di kalangan santri Pondok Pesantren. Terlebih karyanya yang berjudul Ihya' al-ulumiddin, kitab yang dikarang setelah ia mengalami skpetis ini merupakan kitab paling populer di kancah internasional. Namun demikian, hasil karangan beliau yang tertuang dalam kitab Ihya' Ulumiddin merupakan hasil dari perenungan tentang tujuan mencari kebenaran yang hakiki adalah melalui kebenaran hati. Ia menyebutkan bahwa kebahagian yang nyata adalah kebahagian bathin. Gemerlap dunia dengan hiasan yang begitu indah, sehingga tak jarang orang mengejarnya merupakan kebagian yang dapat membuat orang -orang terlena dan lupa pada tujuan hidup yang sebenarnya, yakni mengetahui Allah secara hakiki. Dalam kondisi kesedihan hati tersebut, Al-Ghazali menuangkan pernyatan terharuny adalah kitab Al-Munqidz Minadlalal yang berbunyi: 




ثم تفكرت في نيتي في التدريس فإذا هي غير خالصة لوجه الله تعالى, بل باعثها ومحركها طلب الجاه وانتشار الصيت, فتيقنت أني على شفا جُرُف هار, وأني قد أشفيت على النار, إن لم أشتغل بتلافي الأحوال. فلم أزل أتفكر فيه مدة ، وأنا بعدُ على مقام الاختيار, أصمم العزم على الخروج من بغدادومفارقة تلك الأحوال يوماً، وأحل العزم يوماً ، وأقدم فيه رجلاً وأؤخر عنه أخرى. لاتصدق لي رغبة في طلب الآخرة بكرة، إلاويحمل عليها جند الشهوة حملة فيفترها عشية. فصارت شهوات الدنيا تجاذبني بسلاسلهاإلى المقام ، ومنادي الإيمان ينادي: الرحيل! الرحيل! فلم يبق من العمر إلا قليل ، وبين يديك السفر الطويل، وجميع ما أنت فيه من العلم والعمل رياء وتخييل! فإن لم تستعدالآن للآخرة فمتى تستعد؟ وإن لم تقطع الآن هذه العلائق فمتى تقطع؟ فعند ذلك تنبعث الداعية ، وينجزم العزم على الهرب والفرار.ثم يعود الشيطان ويقول:هذه حال عارضة، إياك أن تطاوعها ، فأنـها سريعةالزوال؛ فإن أذعنت لها وتركت هذا الجاه العريض، والشأن المنظوم الخالي عن التكديروالتنغيص، والأمر المسلم الصافي عن منازعة الخصوم، ربماالتفتت إليه نفسك، ولايتيسر لك المعاودة.فلم أزل أتردد بين تجاذب شهوات الدنيا، ودواعي الآخرة، قريباً من ستة أشهر أولها رجب سنة ثمانوثمانين وأربع مائة. وفي هذاالشهر جاوز الأمر حدالاختيار إلى الاضطرار، إذ أقفل الله على لساني حتى اعتقل عن التدريس، فكنت أجاهدنفسي أن أدرس يوماً واحداً تطييباً لقلوب المختلفة إلي، فكان لاينطق لساني بكلمة (واحدة) ولا أستطيعها البتة ، حتى أورثت هذه العقلة في اللسان حزناًفي القلب، بطلت معه قوة الهضم ومراءة الطعام والشراب: فكان لا ينساغ لي ثريد، ولاتنهضم لي لقمة, وتعدى إلى ضعف القوى ، حتى قطع الأطباء طمعهم من العلاج وقالوا: هذاأمر نـزل بالقلب ، ومنه سرى إلى المزاج ، فلا سبيل إليه بالعلاج، إلا بأن يتروح السر عن الهم الملم.
ثم لما أحسست بعجزي، وسقط بالكلية اختياري، التجأت إلى الله تعالى التجاء المضطر الذي لا حيلة له، فأجابني الذي يجيب المضطر إذا دعاه, وسهل على قلبي الإعراض عن الجاه والمال والأهل والولد والأصحاب, وأظهرت عزم الخروج إلى مكة وأناأدبّر في نفسي سفر الشام حذراً أن يطلع الخليفة وجملة الأصحاب على عزمي على المقام في الشام, فتلطفت بلطائف الحيل في الخروج من بغداد على عزم أن لا أعاودهاأبداً. [1]

“Aku renungkan niatku dalam mengajar, ternyata niatku bukan karena Allah, melainkan niat untuk mencari popularitas, pangkat dan jabatan, sehingga mengantarkanku ke jurang kehancuran. Sungguh aku ini akan terjilat api neraka sekiranya tidak segera memperbaiki diri. Kesenangan akan harta dunia menyeretku dengan rantai-rantainya ke kuburan. Sementara panggilan iman terdengar sayup-sayup tanpa aku gubris. Padahal umur ini tinggal terasa sedikit, dan nantinya akan kuterima catatan lembaran amal yang sangat rinci memuat pamrih-pamrihku selama ini. Syetan selalu membisikkan bujuk rayunya” Hidup ini adalah peluang bagus untuk mendapatkan segalanya, jangan kau sia-siakan”. Terus-menerus aku diliputi keraguan antara mengikuti bisikan syetan dan pesona gemerlap dunia dengan mengabaikan dorongan akhirat, selama tidak kurang dari enam bulan, mulai dari bulan Rajab tahun 488 H. Di bulan ini mulutku terkunci rapat tak bisa berkata apa-apa, hingga aku tak bisa mengajar. Hatiku begemuruh menahan rasa sedih, bahkan aku tak mampu mengunyah makanan sehingga kian hari badanku melemah. Para dokter sibuk berusaha mengobati. Namun, akhirnya mereka tahu bahwa sakit yang aku derita berasal dari kesedihan hati. Maka, kesembuhannya pun hanya bisa terjadi, bila ada ketentraman hati. Di saat aku sudah merasa lemah tak berdaya aku pasrah sepenuhnya kepada Allah. Lalu aku merasa mendengar bisikan menyelinap ke relung hatiku agar aku berpaling dari kemewahan, pangkat, jabatan, keluaga, kerabat, dan sanak saudara. Aku bertekad untuk pergi ke Makkah. Terbesit hati untuk pergi ke arah Syam (Syiria) secara sembunyi-sembunyi agar kepergianku tidak diketahui oleh khalifah dan kerabat dekat. Aku tinggalkan Baghdad dengan niatan tidak kembali selama-lamanya.
     Semoga dengan membaca pernyataan Al-Ghozali ini, kita senantiasa mengingat bahwa sebagaimana yang telah diaungkap oleh Gus. Dur tidak ada sesuatu apapun yang perlu dipertahankan mati-matian di dunia. Kita serahkan semuanya kepada Allah swt. 
Wallahu A'lam

[1]Al-Ghazali, al-Munqidz min al-Dlalal.(Bierut: Dar al-Andalus, 1967), halaman 134-136.

2 comments:

  1. Blogmu baru teridentifikasi.
    Saya akan memantau updatenya. Sebulan minimal 2 kali.
    Jika selama 2 minggu tidak ada update, saya akan tanya....

    ReplyDelete