Thursday 5 May 2016

Refleksi Peringatan Isro' Mi'roj

Peringatan Isro' Mi'roj kali ini membuat saya glabakan. Ya, glabakan tidak karuan saat memberikan materi tentang Refleksi Acara Isro' Mi'roj pada sebuah instansi pendidikan. Bukan karena pesertanya yang didominasi oleh perempuan, melaikan saat ada peserta bertanya tentang ayat:
إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ
yang artinya kurang lebih begini :"sampai masjid Al-Aqsho yang telah kami berkahi”. Mungkin, inspirasi pertanyaan ini lantaran di awal penjelasan, saya menampilkan ayat tersebut. Peserta yang juga bagian dari panitia itu, tiba-tiba muncul dari luar ruangan dan mengacungkan jarinya. “Ustad tadi disebutkan, masjid Al-Aqsho katanya diberkahi di sekelilingnya, tapi mengapa sekarang sering terjadi peperangan?” saut siswi kelas XI itu saat sesi pertanyaan. Allamak, tak ada reaksi lain, kecuali saya menyeruput kopi sambil merenung jawaban. Ah, ya, itu tidak lain tidak bukan sebuah trik. “tak saya sangka anak tingkat SMA bisa bertanya seperti itu” guman saya. Akhirnya, dengan suara pelan saya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan barokah itu adalah tambahnya kebaikan terutama dalam hal agama, seperti banyaknya rosul yang diangkat di daerah Palestina. Sehingga, peperangan yang ada saat ini tidak berpengaruh terhadap lemahnya ayat itu. Malah justru, dengan adanya peperangan akan banyak kebaikan dari sisi agamanya. Jawaban ini muncul dari otak saya, lantaran memang sudah sering mendengar penjelasan apa itu barokah.
Setelah acara usai, saya pun masih penasaran tentang ayat itu. Tak lama setelah menyantap makanan hasil berkat tadi, saya pun langsung menelusurinya. Dan akhirnya jawaban saya tidak melenceng begitu jauh. Begini, dalam tafsir kabir disebutkan:
( والذي باركنا حوله ) صفة مدح لإزالة اشتراط عارض ، وبركته بما خص به من الخيرات الدينية كالنبوة والشرائع والرسل الذين كانوا في ذلك القطر ونواحيه ونواديه ، والدنياوية من كثرة الأشجار والأنهار ، وطيب الأرض . وفي الحديث " أنه تعالى بارك فيما بين العريش إلى الفرات ، وخص فلسطين بالتقديس "
Dari pertanyaan ini disebutkan bahwa yang dimaksud dengan “barokah” di sekeliling Palestina adalah kebaikan pertama yang sifatnya agama seperti banyaknya nabi yang diangkat menjadi rasul. Yang kedua, kebaikan dunia seperti ditumbuhi pepohonan dan dialiri air disekitarnya.
Sementara, pengertian barokah itu sendiri adalah;
البركة: هي الزيادة والنماء من حيث لا يوجد بالحس ظاهرا
 Barakah adalah bertambah yang sekiranya tidak diketahui secara lahiriyah.
Ya, sedikit saya merasakan ketenangan setelah membaca beberapa penjelasan tersebut.

    

2 comments:

  1. Wuihh.... ngeri. Itu pengajiannya di.mana, gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kok gan gus? hehehe apa mungkin karena template nya? cara untuk menghilangkan slide show di atas pripun gus? biar tidak seperti pedagang. hehe
      di smk gus. hehe

      Delete